+62 8960 49542 94 English

Branding di Era Digital adalah Tentang Satu Hal

Teknik branding yang efektif selalu menjadi indikator yang baik bagi keberhasilan jangka panjang dari organisasi mana pun. Namun, branding di era digital agak menakutkan mempertimbangkan ada begitu banyak tempat bagi konsumen untuk berkumpul. Orang-orang sekarang menggunakan beberapa jenis perangkat dan platform untuk mengakses informasi misalnya hiburan, pendidikan, produk dll.  

Perusahaan merek dan Pengalaman Merek

Branding adalah praktek membuat suatu organisasi mudah diidentifikasi, dibedakan, dan mengesankan. Segala sesuatu dari nama bisnis anda, desain logo, tagline, komunikasi, dll adalah semua aspek yang membentuk merek anda. Pengalaman merek mengacu pada bagaimana perasaan pelanggan tentang bisnis anda. Hal ini mencakup setiap interaksi dengan produk atau jasa, pesan pemasaran, dan kenangan yang mereka miliki mengenai perusahaan. Selain itu, patut diperhatikan bahwa peningkatan pengalaman merek dimulai pada fase desain produk. Misalnya, Apple peduli banyak tentang desain produk dan itu menunjukkan. Itulah alasan besar konsumen menggunakan produk mereka. Pengalaman merek yang baik menghasilkan interaksi konsumen yang positif, kesadaran merek, dan loyalitas pelanggan.

Memori dan pengalaman

Sistem bisnis yang baik memfasilitasi pengalaman merek yang mengesankan. Misalnya, bayangkan sejenak bahwa Starbucks membutuhkan setiap pelanggan untuk membeli minuman mereka menggunakan aplikasi mobile nya. Itu pasti akan mengurangi jumlah orang yang bersedia membeli kopi Starbucks. Plus itu pelayanan pelanggan benar-benar buruk. Dalam skenario ini, mereka sudah pada dasarnya memperkenalkan gesekan untuk bisnis mereka.

Kesan Pertama Produk

Anda mungkin pernah mendengar pepatah, "kesan pertama adalah segalanya". Nah, fase akhir dari pengalaman adalah apa yang membentuk ingatan kita, bukan kesan pertama. Meskipun itu sama pentingnya.

Pikirkan tentang waktu di mana anda membeli produk yang tidak persis seperti yang digambarkan. Anda mungkin bahagia selama fase belanja dan pembelian untuk memperoleh barang yang diberikan. Jadi, masuk akal untuk berasumsi bahwa seluruh pengalaman anda selama tahap-tahap itu adalah mengapa anda membeli produk.

Menciptakan Pengalaman Merek yang Mengesankan

Mari kita lihat beberapa tips yang akan membantu anda memfasilitasi pengalaman merek yang mengesankan.

  • Siapa Pelangganmu?

Anda harus tahu jenis dan tipe pelanggan anda. Hal ini meningkatkan kemungkinan bahwa pesan pemasaran anda akan diterima dengan baik. Juga, anda hendaknya memiliki komentar yang baik dari pelanggan untuk memfasilitasi pengalaman merek yang mengesankan.

  • Gunakan Cerita

Gunakan cerita untuk menunjukkan bagaimana produk/layanan anda memecahkan masalah konsumen. Kemudian melakukan segala sesuatu untuk memastikan ada akhir yang diinginkan setelah pembelian. Itu mungkin berarti memiliki layanan pelanggan atau dukungan teknologi, jaminan uang 100%, jaminan jangka panjang, Anda tidak dapat membuat semua orang bahagia tetapi bisa untuk mencoba memastikan kepuasan pelanggan.  

  • Konsistensi dan pengulangan

Anda harus konsisten dengan pesan perusahaan secara keseluruhan dan mengulanginya sesering mungkin. Ini membantu bisnis anda menarik perhatian konsumen dan memfasilitasi pengalaman merek yang mengesankan. Ini merujuk pada ketika orang berinteraksi dengan sesuatu dan mulai memerhatikan lebih banyak darinya. Misalnya, dealer mobil hampir selalu menawarkan test drive dan biasanya pada mobil yang disarankan si penjual.

  • Branding di era Digital adalah tentang pengalaman kenangan

Saat ini ada lebih banyak perusahaan yang bersaing untuk mendapatkan perhatian konsumen yang sama. Internet telah memungkinkan untuk organisasi yang lebih kecil untuk bersaing dengan pijakan yang hampir sama. Itu berarti mendapatkan hasil terbaik dari merek pemasaran adalah tentang memberikan pelanggan anda pengalaman mengesankan. 

Leave a Reply