+62 8960 49542 94 English

Bagaimana Mendapatkan Pelanggan Dengan Meningkatkan Kualitas Komunikasi Yang Baik

Komunikasi yang efektif adalah sebuah aspek penting dalam hubungan apa pun, baik yang kita bicarakan itu mengenai hubungan pribadi atau bisnis. Dalam lingkungan profesional, komunikasi yang terbuka dan transparan dapat membantu dalam menarik lebih banyak pelanggan dan mencegah konflik yang tidak diinginkan oleh kedua mitra dan karyawan serta untuk mempromosikan inovasi dan kreativitas.

Kebanyakan perusahaan desain khususnya pemula sudah belajar sejak dini tentang mengkomunikasikan ide dan gagasan kepada pelanggan dan berupaya memahami kebutuhan serta tujuan mereka yang bisa jadi akan sangat sulit. Pertama, para desainer cenderung menggunakan istilah-istilah yang sangat teknis yang hanya dimengerti oleh mereka tetapi terdengar seperti asing oleh pelanggan. Akibatnya, pelanggan itu bisa menjadi bingung dan  dapat mengakibatkan perselisihan yang tidak diinginkan anatar kedua belah pihak. Selain itu, desainer juga menjadi kesulitan ketika mereka melihat pelanggan tidak memahami pentingnya desain untuk bisnis mereka. Lagi pula, anda tidak hanya membuat grafik untuk akun situs/halaman sosial mereka tetapi anda mencoba untuk menciptakan kehadiran virtual untuk perusahaan dan ini membutuhkan banyak pemikiran dan pertimbangan yang cermat.

Untuk itu, kami mengumpulkan beberapa pedoman dan tips yang dapat membantu anda dalam meningkatkan komunikasi anda dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Anda Adalah Ahli & Mereka Membutuhkan Anda

Pelanggan yang memutuskan untuk menyewa desainer sudah tahu bahwa mereka membutuhkan seorang ahli. Penting untuk masuk ke pola pikir pelanggan dan melupakan kemungkinan kegagalan dalam penjualan. Dengan cara ini, anda mengurangi tekanan anda dan membiarkan diri anda rileks serta memperoleh perspektif baru ketika berkomunikasi. Berikan nasihat yang berguna sebanyak yang dapat ditawarkan dalam sebuah pertemuan dan berikan pendapat ahli  dalam istilah yang dapat dipahami oleh pelanggan. Dari sini, anda akan menunjukkan kepercayaan diri dan menunjukkan bahwa anda tahu apa yang anda lakukan. Sebagai imbalannya, mungkin pelanggan akan terkesan dengan ketenangan anda dan memperluas pengetahuan mereka.

Pahami bisnis mereka

Untuk mengartikan misi, tujuan, dan keinginan pelanggan penting untuk memahami bisnis itu sendiri. Tetapi, ini bukan hanya soal faktor - faktor yang disebutkan di atas. Dalam rangka membuat kesan visual top-notch, anda harus memahami mengapa bisnis mereka lebih baik daripada yang lain. Temukan elemen-elemen yang membuat mereka unik di pasar dan menyoroti mengapa pelanggan mereka tertarik .

Gunakan komunikasi lisan & visual

Anda harus menggunakan kata-kata yang luar biasa dalam mengkomunikasikan ide dan gagasan anda. Namun secara spesifik dunia desain tidak melakukannya dengan baik dengan hanya kata-kata, itulah sebabnya anda harus membawa visual nya juga.

Mintalah pelanggan untuk berbicara mengenai desain yang mereka ingin kan dan mungkin mereka dapat memberikan contoh yang dapat anda gunakan untuk memahami apa yang mereka pikirkan. Ide ini dapat dalam bentuk apa saja meskipun dari situs atau selebaran pesaing. Lalu pastikan untuk melakukan hal yang sama ketika anda mengkomunikasikan pikiran dan gagasan anda. Bersiaplah selalu dengan demo visual atau sketsa yang memungkinkan pelanggan memahami maksud anda.

Bersikap Transparan

Pelanggan ingin anda bertanggung jawab atas pekerjaan anda, jadi pastikan untuk memberikan update reguler secara jelas. Untuk itu akan lebih baik jika kirimkan e-mail mingguan kepada mereka sesuai kemajuan pekerjaan anda disertai bukti nya kemudian meminta pendapat mereka jika itu diperlukan. Hal tersebut akan membuat pelanggan berpikir bahwa pekerjaan tersebut dikerjakan dengan baik dan jelas.

Tanya & Jawab Pertanyaan

Anda dianjurkan untuk membuat pertanyaan yang bagus dan berkualitas mengenai bisnis dan desain. Tingkatkan percakapan dan perlihatkan bahwa anda tertarik untuk melakukan proyek tersebut. Namun, anda juga harus membawa sesuatu ke atas meja seperti visi dan gagasan anda untuk memberikan jawaban yang tepat saat pelanggan memberikan pertanyaan mereka. Dengan mengajukan pertanyaan mengenai bisnis mereka dan alur kerja yang teratur, anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan perincian yang penting. Kemudian anda jangan takut untuk menunjukkan ketidak tahuan anda akan satu hal dengan memberikan pertanyaan kepada pelanggan.

Terima Umpan Balik Yang Negatif

Kita semua tahu bahwa sulit untuk menjalankan pekerjaan anda yang terdapat campur tangan orang orang non-desainer. Tapi penting untuk memahami mengapa pelanggan tidak menyukai hasil pekerjaan anda tanpa merendahkan diri di hadapan mereka. Belajarlah melihat pekerjaan anda melalui mata pelanggan dan agar lebih mudah untuk menjaga komunikasi supaya tetap lancar dan positif. Dan jangan lupa untuk belajar dari kesalahan anda sebelumnya agar anda dapat menghasilkan desain yang lebih baik di kemudian hari.

Leave a Reply