+62 8960 49542 94 English

Apa Yang Membuat Besar Branding Dari Logo

Meskipun tidak ada aturan, namun ada sejumlah pedoman yang telah terbukti bermanfaat yang dapat kita pelajari dari para perancang grafis besar di masa lalu. Kita dapat melihat rancangan mana yang masih bekerja sampai sekarang setelah penggunaan 50-60 tahun. Terdapat beberapa prinsip yang bisa anda gunakan sebagai tahap awal dalam membuat desain Logo

Sederhana

Seperti yang kita ketahui bahwa ada beberapa Logo sederhana yang bertahan dan tetap konsisten dalam waktu yang lama seperti Nike, Apple, IBM dan McDonalds. Kita juga melihat bahwa desain yang rumit pada awal bisnis telah disederhanakan seiring waktu untuk meningkatkan pemasaran. Starbucks adalah salah satu contoh yang baik. "Rancangan yang rumit atau tidak jelas merusak perusahaan itu sendiri. Tidak ada jumlah ilustrasi harfiah yang dapat dilakukan oleh kebanyakan orang yang membayangkannya. Ini hanya akan membuat identifikasi lebih sulit”

Mengesankan

Logo kemungkinan besar akan digunakan pada segala  bisnis atau perusahaan, oleh karena itu anda pasti berharap bahwa orang akan mengenali dan mengingatnya. Kemampuan mengingat dapat dicapai dengan kesederhanaan, karena orang akan mengingat bentuk sederhana dengan cepat. Warna juga memainkan peran penting dalam pengenalan identitas,seperti menurut Paula Rupolo "Warna adalah hal pertama yang anda perhatikan dalam sebuah logo, yang tercepat bagi otak kita" . Untuk menjadi mudah diingat, logo dan identitas merek pendukung juga perlu dibedakan dari pesaing mereka, jadi pastikan untuk melakukan penelitian. Ini adalah upaya yang berharga untuk menjaga catatan visual dari logo dan identitas pesaing untuk referensi desain anda di kemudian hari.

Layak Dan Sesuai

Sebuah logo hendaknya sesuai untuk bisnis dan target nya. Misalnya, jika anda menargetkan anak-anak anda mungkin menggunakan huruf yang lucu dan berwarna, sementara gaya yang sama ini tidak akan sesuai untuk firma hukum perusahaan.

Serbaguna

Logo akan digunakan pada apa pun dari yang berukuran kecil bahkan sampai gedung. Itu berarti bahwa logo yang anda desain perlu bekerja sama efektif pada 10 milimeter seperti pada 10 meter.

Logonya juga perlu bekerja dalam berbagai skenario, termasuk warna latar belakang yang berbeda. Ini berarti logo perlu bekerja sama efektif dengan warna tunggal baik hitam maupun putih dengan warna penuh. Logo juga idealnya memungkinkan tata letak yang berbeda dan konfigurasi untuk memastikan logo akan terlihat baik, tidak peduli di mana itu digunakan.Oleh karena itu, sewaktu mengerjakan gagasan, pikirkan bagaimana desain ini bisa bekerja dengan berbagai ukuran.  

Tak Lekang Oleh Waktu

Hindari menggunakan tren, mereka mungkin terlihat hebat hari ini, tapi mereka akan hilang dengan cepat. Seperti yang dikatakan oleh David Airey bahwa "Tinggalkan tren pada industri mode datang dan pergi, dan jangka panjang adalah kuncinya. Jangan ikuti mereka." Jadi sebaiknya hindari mengikuti tren untuk logo perusahaan.

Membuat Sketsa di Atas Kertas

Anda harus memiliki beberapa kejelasan ke arah mana yang ingin anda tuju dalam membuat desain. Tapi sebelum itu kita harus mencari ide yang sempurna untuk dikembangkan. Beberapa desainer akan langsung melompat ke komputer. Tapi saya ingin menyarankan anda untuk bekerja melalui proses menuangkan ide di atas kertas terlebih dahulu. Setiap kali anda mendapatkan sebuah ide, akan lebih baik anda tuangkan terlebih dahulu di atas kertas,dengan begitu anda dapat mengembangkan ide anda untuk ke tahap yang selanjutnya

Pemetaan Kata

Mulailah dengan menuliskan kata yang berhubungan dengan bisnis atau perusahaan pada selembar kertas. Kemudian buatlah garis-garis yang diperluas dari hal tersebut, dengan menambahkan sebanyak mungkin kata yang terkait. Sebagai contoh, jika anda sedang merancang logo untuk perusahaan pengembang properti, anda dapat mulai dengan kata "agen properti" kemudian tambahkan kata-kata yang berkaitan seperti sewa, rumah, pindah, properti, flat dll. Dari kata 'memindahkan' anda akan menambahkan kata-kata seperti van pengiriman, kotak-kotak, kemasan, dan pita perekat.Lakukan usaha yang sama dengan banyak kata terkait yang anda butuhkan. Ini dapat berhubungan dengan nama perusahaan, jenis produk atau layanan yang anda tawarkan

Membuat Banyak Sketsa

Ketika membuat sketsa, ingatlah bahwa tidak ada yang akan melihatnya. Ini hanya pendekatan untuk mendapatkan ide dari otak anda. Anda mungkin akhirnya membuat ratusan gagasan, tetapi terus melakukannya sampai anda memiliki segelintir gagasan yang memiliki potensi nyata untuk perkembangan lebih lanjut. Jangan hanya berhenti setelah anda memiliki satu solusi, terus bereksperimen dan menjelajah.

Leave a Reply